Sunday, February 26, 2012

Membuat pakan ternak dengan fermentasi

Membuat pakan ternak dengan fermentasi bisa dilakukan untuk menekan biaya pakan konsentrat yang cukup mahal harganya. Untuk membuat pakan dengan cara fermentasi, yang pertama kali kita perlukan adalah stater sebagai pemicu proses fermentasi ini. Yang kedua adalah bahan yang akan kita fermentasi menjadi pakan ternak. Bahan-bahan yang bisa kita fermentasi adalah bahan alami. Lebih menguntungkan secara ekonomi jika bahan tersebut adalah bahan limbah atau bahan yg tidak terpakai lagi, misalnya limbah penggilingan padi, limbah pembuatan tahu atau ampas tahu, limbah pembuatan tempe, limbah pohon pisang atau batang pisang, dll. Hijauan sisa-sisa olahan dapur yang berupa potongan-potongan sayur yang biasanya dihasilkan dalam proses memasak juga bisa digunakan sebagai bahan pakan ternak dengan cara fermentasi.

Ragi Tape Jerami


Ada sebuah bahan yg digunakan sebagai stater untuk proses fermentasi. Saya menggunakan Ragi Tape Jerami sebagai stater dalam proses fermentasinya. Terus terang saja, saya masih mencari komposisi bahan-bahan yang saya gunakan sebagai bahan pakan. Ini saya lakukan untuk menekan biaya pakan. Tujuannya adalah menekan penggunaan konsentrat. Akan tetapi, saya berharap penggunaan pakan fermentasi ini tidak membuat kebutuhan protein dari ternak menjadi berkurang. Maka dari itu diperlukan komposisi yang sesuai.

InsyaAllah setelah saya menemukan komposisi yang sesuai, saya akan posting hasilnya di blog ini. Disamping sebagai catatan saya, mudah-mudahan dapat berguna bagi orang lain yang memerlukan informasi yang berkaitan dengan membuat pakan ternak dengan fermentasi.

No comments:

Post a Comment

Ingin dikirim langsung ke email anda aneka peluang usaha terbaru yang lain? Isikan email anda disini!:

by FeedBurner